Kamis, 25 Februari 2016

Kerangka Acuab Kegiatan Lomba

KERANGKA ACUAN KEGIATAN
PENINGKATAN KESADARAN MASYARAKAT DALAM MENJAGA DAN MELESTARIKAN HUTAN KOTA PENDIDIKAN TELAGASARI MELALUI PELAKSANAAN LOMBA-LOMBA DALAM RANGKA HARI JADI KOTA BALIKPAPAN KE 119 TAHUN 2016

LATAR BELAKANG
Hutan Kota Telagasari merupakan satu dari 30 kawasan Hutn Kota yang ada di Kota Balikpapan merupakan hutan kota terluas (awal penetapan 29,5 ha sekarang tersisa menjadi 18 ha) dan mempunyai posisi yang strategis terletak di tengah kota Balikpapan dan keberadaannya terletak di kompleks pendidikan dari tingkat Taman kanak-kanak sampai dengan perguruan tinggi.
Kondisi pada saatawal penetapannya (tahun 1996) kawasan ini sebagian besar merupakan daerah terbuka, dengan jenis tanah berpasir, kelerengan yang bervariasi cenderung curam, tingkat erosi dan alian permukaan yang tinggi dan merupakan daerah yang sarat dengan konflik kepemilikan tanah. Kondisi ini terus memburuk sampai terjadinya bencana longsor dan jebolnya bendungan di bagian hilirnya dengan menimbulkan korban jiwa dan harta (Juni 2006).
Sejak tahun 2006 timbul kesadaran parapihak untuk segera melakukan perbaikan kondisi hutan kota Telagasari dengan berbagai upaya dilakukan mulai dari pemagaran ulang, penanaman, menggalang dukungan dari parapihak sehingga terbentuknya Kelompok Kerja Hutan Kota Telagasari Balikpapan dan sampai tahu 2015 dimana keanggotaannya merupakan multi pihak yang mempunyai kepentingan bersama melestarikan Hutan kota Telagasari.
Hutan Kota Pendidikan Telagasari adalah salah satu contoh tipe ekosistem hutan kerangas yang masih tersisa di Pulau Kalimantan. Karakteristik tanahnya kaya akan pasir silika atau sering juga disebut tanah pasir putih, porousitas yang tinggi, miskin unsur hara, pH rendah (asam), dan cenderung miskin biodiversitas dibanding tipe hutan lainnya. Memiliki tingkat tutupan tajuk (canopy layer)seragam dan tidak rapat, rentan terhadap air hujan yang jatuh apabila tutupan tajuknya terbuka maka akan menimbulkan pencucian unsur hara tanah dan erosi. Pembukaan hutan ini akan memberikan dampak yang besar bagi kerusakan ekosistem, selain itu laju perbaikan ekosistem lebih sult karena lambannya sistem suksesi yang terjadi dibanding tipe hutan lainnya.
Vegetasi asli Hutan Kota Telagasari sebagian besar telah tergantikan oleh jenis akasia (Acaccia mangium dan A. Auriculiformis). Vegetasi alami/asli yang masih tersisa saat ini berada di daerah riparian (zona peralihan antara darat dan sumber air/sungai) seperti Puspa (Schima walicihi), Jambu-jambu (Syzygium Sp), Beringin (Ficus Sp), Meranti-merantian (Dipterocarpaceae), Pulai (Alstonia Sp) dan lain-lain. Saat ini masih terdapat tumbuhan yang menjadi ciri khas seperti Pasak Bumi (Eurycoma longifolia), Karang munting (Melastoma polyanthum), Kantung Semar (Nepenthes Sp).
Diperkirakan terdapat lebih dari 133 Jenis vegetasi yang tumbuh di Hutan Kota Telagasari Jenis satwa mamalia yaitu bajing, tupai, kelelawar, musang, tikus. Jenis Serangga kupu-kupu (16 jenis), capung,(4 jenis), lebah, tawon, tonggeret, belalang (3 jenis), kumbang (4 jenis).Jenis Satwa burung terdapat 36 jenisJenis Satwa Amfibia terdapat empat jenisJenis Satwa Reptilia  terdapat 13 jenis(Data : Study LAPI ITB(2013) dan Rakata Solusi 2015)
Berangkat dari hal tersebut diperlukan upaya untuk lebih memperkenalkan keberadaan Hutan Kota Pendidikan Telagasari dengan berbagai fungsi yang melekat sebagai hutan untuk perlindungan tanah dan air, hutan pendidikan, sebagai paru-paru kota dan fungsi lainnya kepada masyarakat luas khususnya dunia pendidikan yang ada di Kota Balikpapan melalui kegiatan lomba sekaligus pula untuk menyambut dan memeriahkan Hari jadi Kota Balikpapan ke 119 yang terus berkomitmen menjadi Kota yang Layak Hunidan Kota yang Berkelanjutan.

TUJUAN DAN HASIL YANG INGIN DICAPAI
1.      Menanamkan kesadaran masyarakat Kota Balikpapan khususnya dunia pendidikan arti penting keberadaan Hutan Kota sebagai paru-paru Kota Balikpapan yang harus dijaga dan dilestarikan.
2.      Memperkenalkan potensi Hutan kota Telagasari dengan kondisi ekosistem Hutan Kerangas serta keanekaragaman hayati di dalamnya sebagai sumber belajar danpembelajaran bersama bagi sekolah-sekolah di Balikpapan.
3.      Memperkenalkan Kelembagaan Kelompok Kerja Hutan Kota Pendidikan Telagasari sebagai model kerjasama kolaborasi parapihak (pemerintah, swasta, masyarakat, pendidikan, LSM, perguruan tinggi dan parapihak lainnya) dalam pengelolaan lingkungan khususnya dalam pengelolaan Hutan Kota di Balikpapan.
4.      Menyambut dan memeriahkan Hari Jadi Kota Balikpapan ke 119 tahun 2016 sebagai upaya untuk terus berkomitmen dalam menjadikan Balikpapan sebagai Kota yang Layak Huni dan melaksanakan pembangunan berkelanjutan.
5.      Media pembelajaran bersama parapihak yang berkepentingan dengan Hutan Kota Pendidikan Telagasari Balikpapan.

WAKTU DAN TEMPAT PELAKSANAAN KEGIATAN
Sebagai rangkaian kegiatan dalam rangka hari jadi Kota Balikpapan, pelaksanaan lomba-lomba direncanakan dimulai pada BulanJanuari 2016 sampai dengan awal Maret 2016. Kegiatan Pengumuman pelaksanaan lomba akan dilaksanakan pada tanggal 22 Januari s/d  5 Februari 2016 serta pengumpulan dan penilaian dilaksanakan pada 22 Februari – 5 Maret 2016.
Pengumpulan materi lomba diserahkan kepada panitia lomba melaluis sekolah-sekolah yang ditentukan dan selanjutnya Acara Puncak dilaksanakan pada tanggal 5 Maret 2016 di Area Hutan Kota Pendidikan Telagasari Balikpapan


PELAKSANA KEGIATAN
Kegiatan dilaksanakan oleh Kelompok Kerja Hutan Kota Pendidikan Telagasari (POKJA HKPTs) dengan difasilitasi oleh Yayasan PEDULI melalui Program Penguatan Kelembagaan POKJA HKPTs Balikpapan-Yayasan KEHATI. Dan dukungan dari Pemerintah Kota Balikpapan, Pusat Pengendalian Pembangunan Ekoregion Kalimantan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan Republik Indonesia, Dewan Pengarah dan Pembina POKJA Hutan Kota Pendidikan Telagasari dan Panitia Hari jadi Kota Balikpapan tahun 2016
Alamat Sekretariat kerja :
Jalan DUA No. 109 RT16 Kelurahan Gunung Samarinda Balikpapan Utara, Balikpapan 76125
Telp/Faks : 0542-415288 email : hkpts.bpp@gmail.com
Kontak person : Nita Prihatini 082154668558 ; 0542-415288

RENCANA KEGIATAN
A.     KegiatanLomba
Pelaksanaan Lomba di bagi dalam Dua Katagori lomba :
Pertama : lomba yang diadakan khusus untuk Sekolah-sekolah, PerguruanTinggi, kelompok Masyarakat yang tergabung dalam Kelompok Kerja Hutan Kota Pendidikan Telagasari Balikpapan. Lomba yang dilaksanakan adalah Lomba Pengelolaan Zona Perawatan pada Zona Kelola Ekosistem Hutan Kota Pendidikan Telagasari.
Kedua : Lomba yang diadakan untuk seluruh Sekolah tingkat SD/SMP/SMA/MA khususnya sekolah ADIWIYATA baiktingkat Kota, Provinsi, Nasioanal maupun Mandiri yang ada di Kota Balikpapan dengan perincian sebagai berikut :
1.      Lomba Melukis untuk Katagori SD, SMP, SMA Sederajat
2.      Lomba Poster untuk Katagori SMP dan SMA sederajat
3.      Lomba Cerpen untuk Katagori SD, SMP dan SMA sederajat
4.      Lomba KaryaTulis Ilmiah untuk Katagori SMP, SMA sederajat
Petunjuk Teknis Pelaksanaan Lomba dan Rencana Kegiatan pada puncak kegiatan dapat dilihat pada lampiran
B.      Puncak Acara Kegiatan Lomba dan Penyerahan Hadiah
Beberapa rangkaian kegiatan yang dilaksanakan pada acara puncak kegiatan lomba dilaksanakan pada tanggal 5 Maret 2016 bertempat di Gazebo Besar Hutan Kota Pendidikan Telagasari Wilayah Timur adalah sebagai berikut :
1.      Penandatanganan MoU Kerjasama Tujuh SKPD kota Balikpapan dalam rangka mewujudkan Hutan Kota Telagasari sebagai Hutan Kota Pendidikan di Balikpapan
2.      Penyerahan Asset CSR Chevron Indonesia Company di Hutan Kota Pendidikan Telagasari Kepada Pemerintah Kota Balikpapan melalui POKJA HKPTs
3.      Penyerahan Hadiah-hadiah Lomba
4.      Peninjauan Hasil karya Lomba dan Peninjauan Lokasi Zona Perawatan Zona Kelola Ekosistem
5.      Penanaman bersama di lokasi Hutan kota Pendidikan Telagasari

PENDANAAN DAN KONTRIBUSI
Sumber pendanaan dan kontribusi diharapkan berasal dari :
1.      Program Penguatan Kelembagaan Kelompok Kerja Hutan kota Pendidikan Telagasari Balikpapan (program Kerjasama Yayasan PEDULI-Balikpapan dan Yayasan KEHATI Jakarta)
2.      PUSAT PENGENDALIAN PEMBANGUNAN EKOREGION KALIMANTAN Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan
3.      Panitia HariJadi Kota Balikpapan Tahun 2016
4.      Chevron Indonesia Co. (Pengarah dan Pembina POKJA HKPTs)
5.      Pertamina RU V Balikpapan (Pengarahdan Pembina POKJA HKPTs)
6.      Sponsor lainnya


PENUTUP
Upaya mewujudkan fungsi hutan kota sebagai paru-paru kota yang mampu menghasilkan iklim mikro yang sehat serta Oksigen bagi ribuan masyarakat umum maupun masyarakat pelajar disekitar Hutan Kota Pendidikan Telagasari dapat dimulai dengan memperkenalkan sejak dini bagi masyarakat khususnya pelajar dan mahasiswa yang ada di Kota Balikpapan dibarengi dengan upaya perbaikan yang secara sistematis secara bersama-sama dan terus menerus oleh para pihak yang berkepentingan.
Demikian Kerangka Acuan Kegiatan ini dibuat sebagai informasi dan acuan pelaksanaan kegiatan.


Balikpapan, Januari 2016

Kelompok Kerja Hutan Kota Pendidikan Telagasari Balikpapan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar